Selasa, 02 April 2013

CACAT VERTICAL PADA LAYAR TV

Rangkaian bagian vertical pada tv berguna untuk membengkokkan/menarik gambar pada layar tv keatas dan ke bawah. Tidak bekerja atau kurang sempurna nya rangkaian bagin vertical mengakibatkan kurang sempurna atau cacatya tampilan pada layar tv. Kerusakan-kerusakan bagian ini yang pernah aku alami:


I.                    LAYAR TV SEGARIS HORISONTAL
Hal ini disebabkan tidak bekerjanya rankaian bagian vertical sehinga defleksi vertical tidak membengkokan/menarik gambar keatas dan kebawah dan memyebabkan tampilan hanya segaris horizontal. Hal itu disebabkan oleh bermacam-macam sebab antara lain:
  1. Yang paling sering adalah retaknya timah soleran pada kaki-kaki ic vertical. Halini disebabkan Ic Vertical meng hasilkan pans yang lumayan sangat panas sekali, sehingga meyebabkan longgar/retaknya timah solderan.  Solderulang kaki-kaki ic vertical dan semua bagian bagian yang rentan terhadap keretakan terutama komponen komponen yabg menghasilkan panas yang berlebih.
  2. Tidak ada catudaya ke ic vertical, Mungkin karena dioda rusak karena bocor maupun putus, munkin karena resistor putus maupun melar. Cek dan ganti apabila tegangan catudaya Ic Vertical belum ada karena rusaknya  komponen-komponen tersebut.
  3. RUSAKNYA IC VERTICAL. Jika kerusakan bukan karena dua hal diatas kemunkinan lain adalah rusak/mati Ic Verticalnya. Ganti Ic Vertical dengan Ic yang tipenya sama. Rusaknya Ic Vertical selain meyebabkan tampilan segaris horizontal kadang juga tampilan di layar putih belang-belang pelangi, kadang tidak tampil di layar bahkan dalam beberapa kasus Rusaknya Ic Vertical menyebabkan mati total
  4. Tidak masuknya tegangan osilator vertical. Hal ini mungkin disebabkan melar/putusnya resistor dari Ic crhoma ke ic vertical. Cek dan ganti apabila komponen tersebut rusak.
  5. Rusaknya condensator ceramic kecil munkin putus atau bocor.
  6. Rusaknya ic crhoma. Kemunkinan lainnya lagi yang menyebabkan layar tv hanya segaris horizontal adalah rusaknya Ic Crhoma yang menjadi osilator veical.
Diatas adalah kerusakan-kerusakan yang pernah Aku alami dari cacat vertical yang menyebabkan TAMPILAN DI LAYAR TV SEGARIS HORISONTAL DI TENGAH-TENGAH.

II.                 LAYAR TV BAGIAN ATAS BERGARI-GARIS PUTIH
Hal ini disebabkan kurang sempurnanya kinerja rankaian bagian Vertical yang menyebabkan kurang sempurnaya tampilan gambar. Penyebabnya adalah rusaknya komponen-komponen pendukung Ic Vertical antara lain:
  1. Rusak/ausnya elco-elconya. Hal ini terjadi karena Ic Vertical sangat panas sehingga elco-elco didekat Ic/pendingin Ic vertical menjadi kering cairan elektrolitnya. Ganti elco-elco didekat Ic/pendingin Ic Vertical dengan yang bagus/baru.
  2. Putus/melarnya resistor yang berbubungan dengan bagian Vertical. Ganti jika memang rusak putus maupun melar.
Itulah yang ku ketahui kerusakan Tv cacat vertical Yang menyebabkan tampialan pada tv LAYAR TV BAGIAN ATAS BERGARIS-GARIS PUTIH.

III.               GAMBAR DI LAYAR MELIPAT ATAS/BAWAH
Hal ini sering terjadi karena tidak sempurnaya tegangan pada bacian Vertical. Ganti elco-elco bagian vertical.
  
      
      VI.              TAMPILAN LAYAR KURANG LEBAR KEATAS DAN KEBAWAH
Penyebab-penyebabnya adalah:
  1. Rusaknya elco-elconya. Ganti dengan Elco baru
  2. Melarya resistor 1ohm atau resistor 0,sekian ohm. Ganti dengan resistor yang sesuai sehinga lebarya pas tdak terlalu sempt maupun terlalu lebar.
  3. Kurang lebarnya pengaturan Vertical size. Masuk ke servis mode atur vertical size.
Itulah kerusakan-kerusakan bagian Vertical yang Aku ketaui dari pengalaman saervis dan pernah Aku alami yang menyebabkan CACAT VERTICAL PADA LAYAR TV.

1 komentar:

  1. klo gambarnya melebar seperti di zoom padahal ngga ada fitur zoom,kemungkinan rusak apanya gan?thanks

    BalasHapus